Kamis, 15 April 2010

My Father is Hero

55 Tahun lalu, atas kehendak Allah SWT, terlahirlah seorang pria di muka bumi ini yang menjadi ayah kami tercinta. Anak kecil itu tumbuh besar dengan didikan ayah dan ibunya..Karena keterbatasan biaya dan kemauan anak kecil itu untuk menuntut ilmu, maka beliau hijrah seorang diri ke Ibu Kota Kabupatennya. Dengan hanya berjalan kaki, tanpa sanguh/biaya dari orang tuanya dan tekad yang bulat untuk mencapai keberhasilan. Di ibu kota untuk membiayai sekolahnya dan hidup disana, beliau bekerja serabutan, mulai dari berjualan, pembantu rumah tangga, tukang becak, kuli bangunan hingga pembuat batubata atau bataco. Dengan perjuangan yang keras, akhirnya beliau menyelesaikan studinya hingga SMK.

Pada tahun 1981, beliau hijrah ke Samarinda, kota kami yang tercinta. Dikota ini awal kariernya dimulai sebagai cleaning service di Kantor Walikota (Balai kota) Samarinda. Dengan sabar beliau bekerja sambil kuliah. Pertama kali beliau kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas mUlawarman Samarinda. Tetapi karena kemampuan ekonomi, beliau pindah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Pada tahun 1983. Beliau jatuh cinta dengan seorang perempuan dimana perempuan tersebut masih ada hubungan keluarga. Ayah dan Ibu aku berasal dari keluarga yang sangat dihormati di Daerah Kampung halaman kami (red: Darah Biru).

Pada tahun 1984 beliau menikah, dan pada tahun 1985 lahirlah kakaq seorang perempuan. Dan Pada tanggal 17 Agustus 1987, lahirlah saya. Seperti pada umumnya ayah saya sangat senang sekali..

Saya dan kaka saya adalah semangat ayah saya untuk menenepuh cita-citanya. Beliau menyelesiakan studinya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada tahun 1990. Ayah saya juga seorang atelit, dibuktikan dengan berangkatnya beliau ke Jakarta untuk mengikuti Pekan olahraga Korpri Nasional. Pada tahun itu pula adik saya perempuan yang sampai sekarang dia selalu terbaik di kelas dan sekolahnya. Pada tahun 1993 kami mendapatkan adik laki-laki. Ayah saya adalah tenaga ahli kepegawaian Universitas Mulawarman. Pada tahun 2001 ayah saya mulai naik jabatan sebagai Kasubbag Umum Di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unmul. Pada tahun 2006 ayah saya pindah menjadi Kasubbag Kepegawaian Unmul..Ya ini adalah bidang keahlian ayah saya. Pada tahun 2007 kakak saya berhasil menyelesaikan kulaih di Fakultas MIPA sebagai Sarjana Sains dibidang Kimia dan 2 tahun kemudian saya menyelesaikan kuliah saya di Prodi S1 Teknik pertambangan Unmul dengan predikat lulusan Terbaik Fakultas Teknik. Tetapi sayang pada moment itu Ayah saya mulai jatuh sakit, sehingga dia tidak bisa mendengarkan secara langsung pengumuman tersebut, dia hanya mengetahui dari sms yang saya kirim, tetapi saya yakin dia pasti bangga. Ayah saya adalah orang yang terkenal di Unmul, tapi karena kinerjanya di Unmul.

Kakak Saya lulus dosen pada tahun 2009, dan ketika itu ayah saya masih sehat. Dan saya sendiri joint dengan Perusahaan Terkenal pada tahun yang sama..

Ayah saya adalah orang yang sangat bertanggung jawab terhadap keluarga. Banyak paman dan bibi, dan sepupu-sepupu saya yang mendapatkan pekerjaan berkat campur tangan ayah saya. Pasti jasa yang tidak bisa dibayar dengan apapun.. Kami sendiri sudah sangat bangga mendapatkan ayah seperti dia..Orang yang tidak pantang menyerah dan selalu berusaha. Ketika masuk sekolah saya dan Kakak saya selalu diuruskan oleh ayah saya..tetapi bukan sogokkan yah...Ayah saya pantang dengan yang seperti itu...

Beliau pekerja keras, selalu mencari dan mendapatkan yang lebih baik untuk kelurga....

Pada hari jumat tanggal 9 April 2010, Ayah saya tercinta meninggal dunia..Hari yang baik bagi kaum muslimin dan cuaca yang mendukung, diguyur hujan pagi subuh hari yang merupakan rahmat dari Allah SWT dan ketika meninggal dan sampai waktu penguburan, cuacanya sangat mendukung, tidak hujan dan tidak panas.Beliau meninggal dengan tengan dan bangga..

Tengan karena telah ada yang menjadi pengganti beliau untuk menghidupi kelurga yang ditinggalkan dan bangga dengan anak-anaknya yang berhasil dan sukses seperti apa yang dia harapkan dan cita-citakan...

Ayah...Kami akan jaga keluarga ini, akan kami biayai sekolah dan kuliah mereka dengan sebisa kami..

Kami selalu ingat pesan-pesan ayahanda

We Love U My Father...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar